Waras dan tidak waras, Perlu dan tidak perlu

Standard
Waras dan tidak waras
 

Suatu hari di film “justice bao”(hayo, ada yg tau ga? film hakim bao yg adil itu lo🙂 film china, jaman aku masih kecil)
Ceritanya di pengadilan, di hadapan hakim bao, A dan B berantem di pasar, sampe jd tontonan org2.

Lalu mereka ditangkap oleh petugas keamanan, dan dibawa ke hadapan hakim bao.
Hakim Bao : “Kenapa kalian berantem?”
A : “Dia pak yg salah. Masa 7 kali 4 jadi 30. Dimana-mana kan org tau 7 kali 4 ya 28. Mana ngotot lagi, Pak!”
B : “7 kali 4 itu 30 tau! dari dulu juga 7 kali 4, 30! Dasar Beg*”
Lalu mereka berantem + adu mulut lagi dpn hakim.
Hakim bao yg bijaksana mengetok palu, “Sudah, saya putuskan A bersalah, Hukum A dengan hukuman …blablabla…”
A : “Pak, ko aku yg dihukum sih? kan jelas2 dia yg salah”
Hakim Bao : “A, Semua org tau 7 kali 4 memang 28, tapi apa ada yg sampe berkelahi melawan org tidak waras utk 7×4=28. Saya hukum kamu supaya lain kali kamu bersikap waras, kalo sudah tau apa yg menurutmu betul, dan org2 meyakini spt itu, tiba2 dtg org bilang hal yg menyatakan hal yg jelas2 salah, tidak perlu sampai berkelahi di pasar. Yang waras tetap waras saja lah”
 
 
Perlu dan tidak perlu
 
(ini contoh dari Pak TDW)
Suatu hari yang cerah, sepasang suami istri yg sedang berbulan madu sedang duduk berdua di kamar hotelnya.
Lalu terdengar suara : “kwek kwek kwek,,, kwek kwek kwek,,, kwek kwek kwek”
Istrinya berkata, “Eh, ada ayam diluar”
Suami berkata, “Itu bebek, sayang”
Istri : “Ayam, sayang”
Suami : “Bebek, sayang”
Istri : “Bukaaaaan, itu pasti ayam”
Lalu terdengar suara lagi : “kwek kwek kwek,,, kwek kwek kwek,,, kwek kwek kwek”
Suami : “Ini suara bebek, my honey”
Istri :”Ini suara ayam, syg”
Setelah perdebatan panjang, suaminya jd ga sabar, dari lembut jadi membentak.
Suami : “Jelas2 itu suara bebek, ko ayam2 aja sih!”
Istri nya menangis : “Itu ayaaaam!”
Lalu suaminya sadar(eling) — dalam pikirannya : “Loh, kok gua berantem cuma gara2 suara bebek ya? kan lg bulan madu ni. Lagian siapa tau itu ayam keselek, atau hewan lain bukan bebek.” Lalu suami berkata, “Maap sayang, iya itu ayam, uda jgn nangis” Lalu mereka rukun kembali.
 
———————— jreng jreng ———————————
 
Dari dua cerita di atas mgkn teteh2 ngerti maksud dian ya🙂
Kadang ada hal yg, “sudahlah, ga perlu terlalu dipermasalahkan, malah jadi masalah besar”
Contoh nya ada 2cerita di atas. Soalnya uda ngabisin waktu, tenaga, bahkan bkin kita berantem ama org lain.
Bukan berarti jg kita slalu ngalah sama org lain, tidak begitu, tp dilihat2 dulu masalahnya. Kalo hanya ‘ayam-bebek’ ya sudahlah.
Menikmati hidup lebih damai lebih tenang lebih tentram pasti lebih enak menurut sy, daripada ada yg g sesuai dkit, marah, ada yg apa dikit, berantem, hehe cape aaah
Bisa2 kita ditinggal ama org2 yg qta sayang klo masalah2 yg tidak perlu dipermasalahkan, kita bahas terus🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s