Bersyukur dan terus belajar

Standard

Pernah ga ngerasa “aku nyesel banget dulu ……..blablabla….”
atau “kenapa sih ini harus aku alamin?” atau “kenapa sih ini terjadi padaku?”
Saya yakin setiap manusia pasti pernah merasa Bodoh karena telah mengambil keputusan tertentu.
Bedanya, ada manusia yang positif menyikapinya, dan ada yg negatif.

Contoh :
Moka dan Nami sama-sama bekerja di perusahaan swasta, suatu hari bosnya datang dan berkata “Kalian berdua kerjanya gak becus banget sih! Masa bikin surat perusahaan aja salah! Ga pernah disekolahin ya?!”

Moka menyikapinya dgn positif, dia berpikir, untung Bos kasih tau sekarang, jadi besok2 ga salah klo bikin surat, soalnya uda tau cara bikin surat yg betul gimana. Dan karena dia tau apa yg betul, dia bisa ngajarin ke org lain lagi dgn betul. Juga bekerja dgn happy lg karena dia tau dia salah,dia betulkan, dan bersyukur dikasih tau di awal2. Lalu beberapa bulan kemudian Moka naik jabatan karena kerjanya yang bagus dan cepat belajar.
Nami menyikapinya dgn negatif, dia marah, dia pikir “seenaknya ngatain gw ga pernah sekolah?! dasar ***” Dan akhirnya dia kerja dgn tidak nyaman, kerjanya jadi betul2 tidak becus, suka mengeluh, dll.  Akhirnya dia dipecat dari perusahaan tsb.

Saya belajar, bahwa apapun yg terjadi pada kita, beri arti positif utk semua yg terjadi . Caranya?  tanyakan hal ini pd diri kita:
1. Apa yang sy syukuri dari kejadian ini?
2. Apa yg bs sy pelajari dr kejadian ini?
3. Apa yg bs sy lakukan dr kejadian ini, sehingga membuat sy menjadi lebih baik & bermanfaat bagi sy sendiri dan org banyak?

Contoh kejadian pd Moka, di atas, adalah kejadian negatif tapi karena Moka memberi arti positif(“syukur bos sy kasi tau dr awal”) akhirnya menghasilkan hal yg positif.

Sy jg sering selintas berpikir,”nyesel dulu…blablabla…” Tapi kalo kita hanya nyesel2 aja, ga diamalkan sama sekali penyesalan itu, ga akan kita lebih baik jg kan? Apa dgn nyesel hal2 yg terjadi di masa lalu berubah menjadi spt yg kita inginkan? Karena waktu yg sudah berlalu, ya berlalulah, ga bs kita apa2in, tp banyak kejadian/waktu yg mendatang kita bs usahakan/pengaruhi.

Trus kalo nyesel tuh otak kita sering kita paksa jawab,”kenapa dulu ****” atau “kenapa ini terjadi”
Pertanyaan kenapa, selalu menimbulkan 1001 alasan, dan tidak berfokus pada solusi.
Tapi pertanyaan “Apa ya yg bs sy ….” atau “Bagaimana ya agar tidak terulang lagi?” “Bagaimana agar saya bisa mencapai…” akan membawa kita ke jawaban berfokus solusi.
Ingat, Pertanyaan salah, jawaban bisa salah. Jawaban bisa salah, Emosi bisa salah. Emosi salah, keputusan bisa salah. Keputusan yg salah, tindakan bisa salah. Tindakan yg salah,Hasil salah/tidak sesuai keinginan. Karena otak kita baru berpikir kalo kita kasih pertanyaan, jadi kasih pertanyaan yg tepat.

Pikiran -> Emosi -> Keputusan -> Tindakan-> Hasil

Dan saran saya, kalo ingin sesuatu hasil sesuai keinginan kita, jangan berharap org lain yg berubah, tp tingkatkanlah nilai diri kita agar lebih berguna.

contoh nyata ni :
“JP skrg reseller nya banyak ya? aku jadi dikit ni penjualannya, ga eksklusif lg soalnya”
Jawaban sesuai SOP :
“Reseller dropship JP memang tidak kami batasi teteh, kalo teteh mau yg eksklusif dan banyak nilai plus nya, kami  ada program JP Partnership. Ikut itu aja teh🙂 ”
Kalo jawaban jujur dan baik saya :
“Buat strategi jualan yg lebih baik, karena persaingan tidak dapat dihindarkan. Dari pas sebelum jadi janin aja kita saingan ama jutaan sperma. Dari sebelum lahir kita ini sudah ‘pemenang‘, ayo kita terusin mental pemenang kita🙂 Jangan takut bersaing, malah bagus ada saingan, jamin kita lebih berusaha, lebih mikirin ‘saya harus apa ni’ gak stagnan/stuck/diem ditempat, lebih pandai dibanding gak ada saingan. Dan kalau strategi nya tepat, keinginannya kuat, saya yakin, kita akan jauuuuuh lebih sukses daripada sekarang.SEMANGAT!!!”

Semoga Sharing saya hari ini berguna ya🙂
Saya janji setiap hari sy belajar, dan sy usahakan sharing kepada teteh2 semua ttg hal2 yg sy pelajari setiap harinya.
Semua postingan sy bs dilihat juga di dianvaganza.wordpress.com

Makasih🙂
Semoga berguna ya!
Semoga teteh2 makin sehat, makin sukses, makin bahagia! Semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s