Sejarah Jinglepuff Butik, Semoga ter-motivasi

Standard

Pagi semuanya🙂

Dian mau share plajaran yg dian dapat dari seminar-seminar, atau buku-buku yg dian baca. Juga share pengalaman2 dian. Harapannya, bisa menularkan semangat dian ke reseller2 Jinglepuff🙂 Juga utk meningkatkan penjualan reseller2 smua. smoga bermanfaat🙂
Pertama dian mau dongeng dulu, sejarah Jinglepuff.
dulu, tahun 2009 bulan juli dian lulus kuliah. Hunting kerjaan tuh, dipanggil kesana-kesini, tp blum ada yg nyangkut, trus dipikiran dian, “uda lulus, masa masih dapet uang jajan dr ortu, alangkah malunya diriku” Karena adanya motivasi membiayai diri sendiri, akhirnya buka butik, Jinglepuff butik. Pertama kecil-kecilan, modal pake uang tabungan sisa-sisa, skitar 200rb. Dian beliin baju dari pasar baru atau kings bandung(harganya mahal padahal). Terus dian jual lagi di Jinglepuff. Dian ambil untung sekitar 3-5 ribu utk 1 baju. Yang penting, “rame dulu, Jinglepuff banyak yg tau, banyak pelanggan” Terus bulan puasa dateng, skitar oktober 2009, barang2 dian makin banyak yg suka, makin laku, makin ditunggu-tunggu org, akhirnya dian pikir, “yg mau banyak, brg ga ada, waduh, berapa banyak kesempatan yg aku lewatkan”(sekarang jg masih masalah ini, tp dgn quantity yg beda dong pastinya, hehe) terus dian ajuin kredit ke ayah dian, *hahaha. Ayah dian pegawai telkom, mama pensiunan telkom juga. Pertama dian kredit 2juta, modal dian saat itu dari 200rb uda berkembang jd 3juta, alhamdulillah. Jadi punya 5juta. Tapi ada kendala lagi, saya tdk bisa meng-handle semuanya, akhirnya dian mulai rekrut 1org pekerja, namanya Deni, sekarang sudah bekerja di jkt(pegawai dian dian push agar terus maju, krn mgkn saat dia kerja di JP, dian blum bs kasih state yg lbh tinggi, dian push mereka utk dapat yg lebih).
Alhamdulillah terbantu sekali, tp kemudian kurang org lagi, akhirnya nambah 2 org sekaligus. Jd jumlah pegawai dian 3org+1org keuangan + 1org model(teh dona yg cantik, alhamdulillah sudah buka butik sendiri). Kemudian skitar desember, dian dipanggil kerja ke Bintan, perusahaan Singapore, dian mau ditempatin di Spore katanya, tp pengenalan dl di sana.Lalu dian pergi ke Batam-Bintan dengan uang Jinglepuff. Tapi baru juga 1minggu, dian dengar, ayah dian sakit, kalo webcam mukanya ga karuan, kayak loyo gitu, dian coba tanya pegawai2 ayah dian di Bdg(ayah dian punya bisnis juga di Bdg), kemudian bpk. ikmam(salah satu pegawai ayah dian, sekarang jd suami dian, teknik sipil ITB) bilang, “kayaknya kangen sama kamu, matanya suka berkaca-kaca kalo webcam-an sama kamu” deeeeemmmmm,,rasanya menusuk dihati, apalah artinya aku kerja gaji gede, klo ortuku sakit2an krn kangen satu2nya anak perempuannya ini. akhirnya, belum digaji, belum di ganti biaya pesawat dll, aku pulang lg ke bdg dengan uang Jinglepuff ku. Sebelumnya sy telepon atasan saya dsitu, menceritakan semuanya.
Pulang ke bandung, dengan uang yg sisa se-ucil, saya mencoba lagi membangun Jinglepuff butik. Dari awal lagi. Saya ingat, dulu sama dona(model) suka belanja brg dari grosiran pake motor, hujan-hujanan, panas-panasan, sampe rumah basah kuyup, cuma bawa 2kresek plastik, hehe what a wonderful life. Terus kalo saya lewat BTC pake travel, melihat cici2 turun dari cipaganti travel, bawa baju berkarung-karung. wow, pikir saya, “saya mau seperti itu”. Pelan-pelan semuanya saya tau, dan pelan-pelan saya kumpulkan modal. Dan Alhamdulillah, sekarang setiap hari sy keluarkan sekarung baju. Yang artinya, klo cici-cici itu, mgkn 1 minggu sekali bawa 1-2karung baju, saya bisa setiap hari 1karung baju. Tentang keuangan gimana? Alahamdulillah omzet JP uda sampe 70-100jt per bulan. Dan masih banyak PR agar bisa lebih lagi.
Tapi sekarang saya terbuka, Jinglepuff ini masih banyak masalahnya, hehe
Pegawai kurang(masih mencari pegawai), Standar pelayanan masih buruk(mulai sekarang kami adakan training2 rutin utk pegawai kami mengenai services), Pengiriman dengan JNE masih banyak masalah(dari 1000 pengiriman, ada skitar 10-20 complain), dan lain sebagainya. Tapi teman-temanku, yg namanya masalah itu, membuat kita makin kuat. Dan yg namanya complain itu, saran/introspeksi gratis, maksudnya, banyak org susah2 mikir, “apa kelemahan saya”. Nah, dengan adanya komplain2 itu, kita dengan gratis dikasih tau “apa yg kurang ni”.
Uda ah, segitu dulu, panjang bener ni,, nanti sy share banyak2 cerita saya di blog saya, dianvaganza.wordpress.com
oya, kalo ada yg mau saya bagi2 rahasia (hehe) tentang penjualan, marketing, services ke pelanggan, bisa email aja ke dian.yulia@jinglepuffbutik.com.
Keluh kesah, saran, saya sangat terimakasih kalo ada yg mau menyampaikannya,
bisa email aja ke dian.yulia@jinglepuffbutik.com
kalo email, setiap malam saya buka, kadang tengah malam/subuh. Kalo sms, kadang suka lama, karena saya sambil ngurus anak saya, ada pengasuh sih, tp tetap ada waktu dgn saya,,
Sekian dari saya, dian, makasih.

4 responses »

  1. makasih y udah share, termotivasi sekali nih…aku juga baru mulai coba2 jualan nih, padahal sebelumnya paling anti ama yg namanya jualan (gak pede hehehe). tapi the power of kapepet emang sakti. Minta doanya y biar bisa sesukses mba Dian ^_^

  2. dian,, boleh tau almaat butiknya g? pngen banget kesana,, pnen liat baju2nya yg up 2 date
    soalnya kalo ternyata jingle puff ada d bandung n aku domisili bandung,, tp harus beli online,, kurang puas deh,, mending beli langsung ke tokonya,, boleh kn mnta lamatnya? makasih

Leave a Reply

